Tim Melek Industri Bedanten Bungah Dikunjungi Lembaga Riset Pranata Pembangunan dari Universitas Indonesia - Gerbang Nusantara News

17 Mei 2024

Tim Melek Industri Bedanten Bungah Dikunjungi Lembaga Riset Pranata Pembangunan dari Universitas Indonesia

GRESIK, GNN gerbangnusantaranews.com

Ketenagakerjaan di Tim Melek Industri Santri Nusantara Bersatu (SNB) Lukman Hakim, S.Kom menyampaikan ucapan selamat datang pada Tim Riset Pranata Pembangunan dari Universitas Indonesia di Sekretariat Melek Industri. 

"Saya hari ini di temani oleh Pak Widodo selaku Pembina kami, Mas Rizal dan beberapa penggerak lainnya," ucap Lukman Hakim saat menyambut kedatangan Tim Riset Pranata Pembangunan dari Universitas Indonesia, Jumat Berkah (17/5/2024). 

Dalam kesempatan tersebut, Mas Lukman sapaan akrabnya menjelaskan bahwa Tim Melek Industri SNB fokus dan Istiqomah dalam gerakan masyarakat dengan jargon "Peduli, Ter - Panggil. Ber - Gerak, Hadir, Semangat Mengabdi ". Sesuai kearifan lokal warga Gresik, untuk para binaan kami, sangat familier dengan istilah Pekerja Santri.

Kegiatan yang kami lakukan, secara rutin antara lain ;

Pertama, Penyiapan SDM (Sumber Daya Manusia) Pekerja Santri. Merekadiberikan bekal skill, knowledge agar lebih siap dan cakap dalam dunia industri.Tentunya, dengan menggandeng lembaga - lembaga yang mempunyai kualifikasi baik.

Kedua, Ngaji Industri secara rutin tiap bulan. Kegiatan ini dalam rangka, memberikan edukasi, bekal dan segala progres yang ada dalam dinamika industrialisasi. Penguatan Attitude yang baik, adalah merupakan pondasi yang harus di miliki oleh calon atau para pekerja santri binaan kami semua. Dalam kegiatan Ngaji Industri, kami menggandeng berbagai pihak, Pondok Pesantren, Kampus, Akademisi, Pemerintah dan bahkan para politisi, termasuk unsur / lembaga kepemudaan.

Ketiga, Konseling Ketenagakerjaan. Dalam kegiatan ini, di Melek Industri, kami berikan konseling ketenagakerjaan secara free / gratis pada siapa pun. Baik masyarakat dalam desa, luar desa, luar kecamatan di seluruh Kabupaten Gresik dan bahkan dari luar kabupaten. Konseling yang kami lakukan, dengan tujuan memberikan informasi secara utuh dan detail perihal dinamika industrialisasi di Kabupaten Gresik.

Dari tiga fokus giat kami di atas, saat ini dan ke depan. Dengan harapan, agar masyarakat bisa lebih siap dalam mengikuti dinamika dalam dunia industri. Apa yang kami semua perbuat, semoga ada nilai kemanfaatan. Termasuk cita - cita kami , agar tidak hanya menjadi penonton saja. 

Para binaaan Melek Industri, saat ini sudah mulai terakomodir di perusahaan - perusahaan di KEK JIIPE, seperti di PT. Freeport Indonesia (baik sebagai karyawan, dan termasuk di project-projectnya ), PT. Hailiyang, PT.Xinyi dan lainnya.

"Semoga dengan silaturahmi dari Tim Peneliti Pranata Pembangunan Universitas Indonesia ke Tim Melek Industri, kami harapkan ada sinergi, bisa saling " Learning By Doing ", bahkan kolaborasi dalam menebar manfaat pada masyarakat," tandasnya. 

Ditambahkan, dengan hadirnya perusahaan - perusahaan besar di sekitaran kita, yaitu misalnya di KEK JIIPE, yang di dalamnya berprogres PT. Freeport Indonesia, PT. Hailiyang, PT. Xinyi, PT. Sariroti, PT. Pangan Sari Utama atau bahkan menurut informasi akan juga hadir perusahaan baru lainnya. Itulah yang menjadi tekad dan semangat kami, untuk menyongsongnya, tentunya dengan di imbangi dengan berbuat yang nyata dan kongkrit.

Sementara Mas Wildan, mewakili Tim Peneliti dari Lembaga Riset Pranata Pembangunan Universitas Indonesia menyampaikan, dirinya mewakili Tim dari Lembaga Riset Pranata Pembangunan Universitas Indonesia yang terdiri dari 4 orang, mengucapkan terima kasih atas diterimanya kami semua, untuk melakukan riset terkait dengan industrialisasi yang ada di Kabupaten Gresik.

Penelitian yang kami laksanakan, dalam rangka untuk mengkaji dinamika industrilaisasi di Kabupaten Gresik, salah satunya pada isu ketenagakerjaan, termasuk hal - hal lainnya. 

"Kami mendapatkan informasi dari berbagai pihak, terkait keberadaan Tim Melek Industri SNB. Gerakan masyarakat, yang konsen dan fokus pada pengawalan masyarakat, khususnya para pemuda - pemudi pada dunia industri," ungkapnya.

Selanjutnya, kami konfirmasi pada pihak desa. Tepatnya pada hari ini, Alhamdulillah kami bisa silaturahmi dan melakukan  pendalaman penelitian di Sekretariat Tim Melek Industri SNB. Alhamdulillah, meskipun pertama kali berkunjung, banyak inspirasi, banyak informasi yang kami dapatkan.

"Dan dalam waktu dekat, akan kami progreskan Focus Group Discusion ( FGD ) pada stakeholder terkait lainnya. Untuk melengkapi penelitian yang kami lakukan, tentunya kami sangat berharap bisa ditemani, dibantu oleh para penggerak dari Tim Melek Industri SNB," pungkasnya penuh semangat. (Kang Widodo/Telisik Hati)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda