qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

LPBI NU Gresik Fasilitasi SOP Kebencanaan di Desa Metatu

GRESIK, GNN 

Lembaga Penanggulangan Kebencanaan dan Perubahan Iklim Nahdlatul ulama yang dikenal dengan LPBI NU adalah lembaga NU yang Bergerak dalam penanganan Kebencanaan, semangat tersebut juga terus dilakukan oleh LPBI NU Kabupaten Gresik yang di Nahkodai oleh Sholihul Fathoni yang akrab dipanggil dengan Cak Toni.

LPBI NU Gresik yang Telah melaksanakan Progam PKMM CBA di Desa Metatu dan Desa Punduttrate tersebut telah mendapatkan Apresiasi dari stakeholder daerah salah satunya BPBD kabupaten Gresik. Apresiasi tersebut disampaikan pada saat acara Gladi Ruang TTX Yang dilaksanakan DI Desa Metatu pada hari Senin, 15 Agustus 2022.

Acara yang dihadiri oleh BPBD Gresik, Tim Fasilitator dari Jakarta dan juga Jajaran Perangkat desa bersama Kepala Desa Ibu Diana Eviana dan juga Tokoh masyarakat baik dari unsur RT,RW,PKK, Posyandu, Karangtaruna dan juga Bidan Desa.


Ketua LPBI NU Gresik yang hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa Gladi Ruang/TTX (Table Top Exercise) adalah bagian dari rangkaian progam yang sudah kita laksanakan sebelumnya salah satunya kajian resiko kebencanaan,

Kader NU Asli Putra Gresik yang berasal dari kecamatan Dukun Tersebut Berharap agar kegiatan ini bisa di manfaatkan secara maksimal sehingga harapan kita bersama dalam mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana bisa kita Realisasikan di Desa Metatu.

Hal yang sama juga disampaikan oleh BPBD Gresik yang wakili oleh bapak Agus Setiawan bahwasanya Kegiatan semacam ini sangatlah penting dan sangat dibutuhkan. Kita semua tentu tidak berharap adanya bencana tapi siapa yang bisa menjamin kalau bencana itu tidak ada. Karena bencana itu datang nya tiba tiba, sehingga kesiap Siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana itu menjadi satu hal yang penting salah satunya Desa harus mempunyai SOP Kebencanaan ". Ucap P.Agus

Kegiatan Gladi Ruang /TTX yang dilaksanakan dipendopo balai desa Metatu tersebut disambut baik oleh kepala Desa Metatu ibu Diana Eviana.

" Saya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada teman teman LPBI yang sudah membantu Desa kami dengan melakukan fasilitasi penyusun Dokumen kebencanaan. Dokumen ini InsyaAllah sangat bermanfaat dan akan kami manfaatkan secara maksimal kedepannya nanti ". Ucap kades Muda yang Cantik tersebut.

Gladi Ruang yang dipandu oleh fasilitator Nasional tersebut berjalan dengan baik dan seluruh peserta juga mengikuti proses Tahapan materi secara antusias. Sehingga Forum diskusi yang efektif tersebut diharapkan menghasil out out Dokumen SOP yang Proporsional.(lut)

Baca Juga

Related Posts