qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Dinkes Gresik, Gelar Sosialisasi PTM Lintas Sektor di Kecamatan Balongpanggang

Gresik, GNN 

Dibantu  UPT Puskesmas Balongpanggang dan UPT Puskesmas Dapet Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik menggelar Sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) untuk Lintas Sektor Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Aula bawah kantor kecamatan Balongpanggang. Selasa, 25/10/2022.pagi

Kegiatan sosialisai ini dihadiri oleh muspika Kecamatan Balongpanggang (Camat , M.Amri, Kapolsek.Akp.M.Zainudin dan Perwakilan Koramil), serta diikuti oleh seluruh Kepala Desa (Kades) ,Sekertaris Desa (Sekdes) se-kecamatan Balongpanggang dan juga toko agama.

Dalam kegiatan sosialisasi ini sbagai narasumber yaitu Kabid pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr.Puspitasari Whardani dengan didamping Analis penyakit tidak menular dari Dinkes kabupaten Gresik ,Rizal Ghithrif, S. Kep. Ns., M. Epid.

Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman. Yang termasuk kategori PTM ini diantaranya adalah stroke, penyakit jantung koroner, kanker, diabetes melitus, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan untuk itu didesa harus ada Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu )

Analis PTM dari Dinkes Kabupaten Gresik , Rizal Ghithrif, S. Kep. Ns., M. Epid.  mengatakan kepada Media GNN bahwasanya Adanya dukungan dari Forkompimcam  Balongpanggang terkait kegiatan skrining faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) di Posbindu PTM bisa berjalan dengan baik dan masyarakat diwilayah Kecamatan Balongpanggang ini juga sudah sadar akan pentingnya tindakan pencegahan akan terjadinya PTM.ujarnya

Dalam kesempatan ini Camat Balongpanggang,M.Amri mengatakan bahwa dengan melalui kegiatan sosialisasi PTM ini semoga bisa memberikan pencerahan dan pengetahuan kepada seluruh  kades maupun instansi yang hadir agar mampu dan gerak cepat menanggapi faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) maupun yang disebabkan Lanjut Usia (Lansia) dan juga diharapkan para kades mau dan mampu bergerak mandiri hidup sehat baik sebagai individu maupun untuk warganya melalui good will dalam penyelenggaraan pemdesny masing - masing.ujarnya

Ia juga berharap Untuk posbindu yang ada di desa dapat dilakukan peningkatan kualitasny dari segi sarana prasarana, dukungan sumberdaya manusia (SDM),terutama utama untuk pos pembiayaannya dan mengingat saat ini adalah akhir pnyusunan APBDES agar hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan desa maupun peningkatan kualitas SDM utamany ibu dan anak harus mendapatkan perhatian dan prioritas terhadap pos pembiyaannya.ungkap Camat Balongpanggang.M.Amri.

Sesih tanya jawab,saran dan masukan dari peserta yang hadir DAN nantinya akan dijawab oleh Kabid Dinas Kesehatan dan Analis PTM Dinkes kabupaten Gresik secara bergantian menjadi Ujunge Kegiatan sosialisasi ini.(mhr)

Baca Juga

Related Posts