qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pramuka SMANIC, Gelar Rakor Persiapan Harlah Ke - 36

Gresik, GNN 

Meski hari lahir (Harlah) Pramuka SMA Negri I Cerme (SMANIC) Gresik tanggal 10 November, namun rencana pelaksanaan peringatan ditetapkan pada tanggal 12-13 November,  hari ini, Jumat 4 November 2022 lebih dari 25 siswa mengikuti rapat koordinasi. 

Pada harlah yang ke 36 tahun ini,  penyelenggara (panitia) akan mengadakan perkemahan di sekolah dengan mengundang beberapa SMA sekitar Cerme. "Kami sudah menyebar undangan bagi tamu yang nanti akan hadir, sengaja harlah dilaksanakan tidak tanggal 10 November. Hal ini karena weekday, maka memilih tgl 12-13 November. Dengan harapan acara ini nantinya akan dihadiri semua undangan" ucap Ubaid Muhtarom S. Pd.

Ekstrakulikuler (Ekskul) Pramuka di SMANIC Gresik ternyata merupakan ekskul yang diwajibkan bagi siswa kelas X. Oleh karena itu, pembina membaginya menjadi 2 kelompok. Terdapat kelompok yang disebut "Pramuka Wajib" dan "Pramuka Inti". Pramuka wajib atau regular adalah kelompok siswa-siswi kelas X yang hanya mengikuti ekskul Pramuka ini karena ekskul Pramuka diwajibkan sekolah. Sedangkan Pramuka inti adalah kelompok siswa-siswi kelas X, XI dan XII yang dengan sukarela serta berkomitmen untuk serius menjalani ekskul Pramuka. "Jumlah anggota Pramuka inti sebanyak 80 siswa", ucap Kak Ubaid pembina yang sudah 22 tahun menjadi pembina Pramuka disana.

Diketahui bahwa pembina Pramuka SMANIC Gresik ada 3, yaitu : Ubaid Muhtarom, Azhari Dion victory dan In'amul wafi. Ketiganya saling bekerja sama dan bertugas sesuai jabatan masing-masing. Kak ubaid selaku ketua gudep, kak Azhari dan kak wafi selaku pelaksana. Hal ini dilakukan hanya demi kemajuan seluruh anggota ekskul Pramuka khususnya, bagi SMANIC umumnya.

Dalam Pramuka terdapat beberapa tingkatan penegak yaitu Bantara dan Laksana. Keduanya dibedakan berdasarkan SKU nya. "Pelaksanaan Harlah ini kurang seminggu. Tolong sebutkan kendala apa saja yang kalian alami. Ayo kita bersama-sama mencari solusinya. Jangan sampai terkesan minim persiapan", ujar kak Azhari kepada Pramuka inti yang disitu juga ada ketu.

Nampak koordinasi dilakukan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Mulai dari sie kegiatan atau acara, sie dokumentasi dan dekorasi, sie perlengkapan, sie konsumsi dll. Kompak mewujudkan Harlah yang sukses, mereka rela pulang malam. 

Kak Ubaid juga mengatakan bahwa konsep Pramuka inti penegak ini adalah memang dari mereka, oleh mereka dan untuk mereka. Sebenarnya dengan adanya prinsip itulah anggota Pramuka akan memiliki jiwa yang mandiri, bertanggung jawab dan disiplin. 

Seperti harapan kak Ubaid, "Semoga generasi muda masa kini memiliki watak yang kuat. Tidak lemah jika harapannya tidak sesuai dengan kenyataan. Menggapai cita-cita dan tidak mudah berputus asa", tutupnya. (Kf)

Baca Juga

Related Posts