qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Teken Kerja Sama Dengan PT. Smelting, Dekranasda Dan Pemkab Gresik Dorong Batik Gresik Mengglobal

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Pemerintah Kabupaten Gresik bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gresik menjalin kerja sama dengan PT. Smelting. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara Ketua Dekranasda Gresik Nurul Haromaini Ali Ahmad Yani, dengan PT. Smelting yang diwakili oleh Section Manager General Affair Indra Junor, Jumat (14/04).

Dengan kerja sama ini, Dekranasda dan PT. Smelting akan membawa 10 hasil karya terbaik desain motif batik terbaik dari lomba yang diadakan Dekranasda tahun 2020 silam. Selanjutnya, motif-motif batik tersebut akan diaplikasikan dalam sebuah lembar kain yang nantinya akan di branding sebagai batik khas/unggulan Kabupaten Gresik.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang turut hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi kepada PT. Smelting. Ini lantaran PT. Smelting terus memberikan dukungan kepada Pemkab Gresik, utamanya dalam kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat yang pada gilirannya meningkatkan perekonomian.

"Mudah-mudahan lewat momen ini, Kabupaten Gresik bisa memiliki motif batik yang benar-benar menjadi ciri khas Kabupaten Gresik," ujar Bu Min.

Disamping kerja sama hari ini, Pemkab Gresik dengan PT. Smelting juga telah melakukan kerja sama dalam berbagai kesempatan. Di antara adalah pembinaan sekaligus branding batik pamiluto, fasilitasi produk UMKM Gresik dalam pameran di Osaka, fasilitasi sarana pemasaran di Gressmall, dan yang terakhir adalah fasilitasi pengiriman produk UMKM dalam pameran di Tokyo bulan Maret 2023.

Hal yang sama disampaikan Ketua Dekranasda Gresik Nurul Haromaini Ali Ahmad Yani. Menurutnya dukungan PT. Smelting sejalan dengan fungsi dan peran dari Dekranasda. Yaitu untuk melestarikan budaya, bangsa, tradisi, dan mengangkat kekayaan/potensi daerah melalui pengembangan dan pemberdayaan industri kecil dan menengah di Kabupaten Gresik.

"Hari ini merupakan awal yang baik, dengan kita bersama-sama untuk mencapai harapan besar bagi masyarakat khususnya pengrajin batik di Kabupaten Gresik untuk lebih berdaya saing. Dan kami sangat mengapresiasi bentuk dukungan yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga terbangun ekosistem pemberdayaan industri kecil menengah dan pengrajin batik di Kabupaten Gresik yang mengglobal," jelas Ning Nurul.

Terpisah, Irjuniawan P Radjamin, Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Smelting mengatakan, MoU ini adalah momen bersejarah, dimana smelting bersama Dekranasda akan mengembangkan batik khas Gresik.

"Harapannya tentu dapat mengungkit ekonomi masyarakat yang terlibat, seperti UMKM yang kami ikutkan di  pameran di Jepang, dan mendapatkan kontrak 28 Miliar," kata Irjuniawan.

Melalui MoU ini, Smelting akan mendukung pengembangan batik khas Gresik mulai dari hulu dan hilir. "Seperti pelatihan membatik, pengembangan brand, event batik, hingga penjualan," tambahnya. (nnd)


Baca Juga

Related Posts