Kobaran Api Bikin Panik Warga Perumahan Green River Park Desa Putat - Gerbang Nusantara News

04 Agustus 2023

Kobaran Api Bikin Panik Warga Perumahan Green River Park Desa Putat

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Kepanikan warga perumahan Green River Park di Desa Putat Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik terjadi saat lahan persawahan di dekat daerah setempat terbakar hebat. Api meluas ke lahan kosong di dekat perumahan. Kamis, 03/08/2023. Sore 

Kobaran api diketahui warga sekitar pukul 17.30 WIB. Asap tebal mendadak mengepul dari arah persawahan. Warga kemudian mengeceknya, dan ternyata api melalap tumpukan jerami di sawah. Api terus membesar, meluas ke lahan kosong. Menjelang malam, api masih saja berkobar. 

Kejadian ini langsung dilaporkan ke Polsek Menganti kemudian diteruskan ke Petugas pemadam kebakaran (damkar) Kecamatan Menganti. Setiba di lokasi petugas damkar langsung menyemprotkan air ke titik api. Kobaran api bisa dijinakkan satu jam kemudian. Namun petugas masih bersiaga di lokasi mengantisipasi kebakaran susulan. 

Menurut Angga Hardianto selaku ketua RT setempat mengatakan sebelumnya ada seseorang yang sedang bakar bakar akan tetapi ia tidak tahu siapa orangnya karena bukan warga sekitar, pembakaran tersebut kemudian ditinggal orang tersebut, selang beberapa menit tiba tiba kobaran api semakin membesar di tambah angin yang begitu kencang sehingga kobaran api semakin meluas kepersawaan yang banyak rumput ilalang yang kering" ungkapnya.

"Melihat kejadian tersebut kami bersama warga sempat menyiraminya dengan membawa ember dan juga selang air, akan tetapi api semakin lama semakin berkobar sehingga kami langsung menghubungi Polsek untuk disambungkan ke Dinas Damkar", ujar Angga.

Sementara Irwan Selaku petugas Damkar pos Kecamatan menganti mengatakan, api bisa dipadamkan setelah menghabiskan air, satu unit mobil damkar ditambah dengan tiga unit tangki air dengan petugas pemadam 3 personil. Ujarnya

"Tak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Namun, warga dibuat panik, khawatir kobaran api merembet ke perumahan karena kondisi angin sangat kencang", pungkasnya.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda